Mi Kucai, terkenal sejak tahun 1975

Mi Kucai, terkenal sejak tahun 1975

Kalau jalan-jalan ke Toboali, jangan lupa mampir ke Mi Kucai. Restoran mie rumahan ini termasuk yang paling lama hadir di Toboali. Mi Kucai ini berdiri sejak tahun 1975, dari jaman harga 25 rupiah. Sejak tahun 2000 karena kontrak kios mahal, ia pindah ke teras rumahnya sampai sekarang.

Walaupun demikian, warung mie tradisional ini tetap setia dikunjungi penggemarnya. Pelanggannya tak hanya masyarakat biasa, tapi juga  para pejabat pemerintahan sering mampir di warung Mi Kucai ini.  Banyak warga Toboali atau Bangka  Selatan yang telah merantau ke luar daerah, selalu mampir di warung mie kuah ikan ini, ketika mereka mudik.

Rasa Mi Kucai memang khas Bangka. Agak mirip dengan Mie Koba yang ada di Koba atau Pangkalpinang. Rasa Mi Kucai ini kombinasi asin, manis dan rempah-rempah yang bercampur di lidah. Kuahnya terlihat bening, namun dengan campuran ikan. Kalau mau sedikit manis, tinggal dikasih kecap kayak baso.

Bagi warga Bangka Selatan, atau Bangka pada umumnya, Mie Bangka ini ya seperti Mi Kucai atau Mie Koba. Bukan mie ayam Bangka seperti banyak dijual di luar Bangka. Sebab, mie kuah tradisional Bangka, khususnya daerah Bangka Selatan, kuahnya menggunakan ikan. Rasanya bener-bener maknyus, deh.

Coba aja mampir di Jl. Agus Salim, Toboali.
Kategori : Bakmie, Bakso & Kwetiau
Tipe : Rumahan

Special Menu : Mi kuah ikan kucai

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML tags are not allowed.