Mie Ikan Toboali dari Bangka, Bikin Ngiler!

Mie Ikan Toboali dari Bangka, Bikin Ngiler!

Liburan ke suatu tempat tak lengkap rasanya bila tak mencicipi makanan daerah itu. Begitu pula saat Anda berlibur ke Pulau Bangka. Kuliner khas Bangka, mie ikan Toboali dijamin bikin ketagihan.

Salah satu makanan dari daerah ini yang paling terkenal saat ini mungkin adalah Martabak Bangka yang rasanya memang menggugah selera. Akan tetapi, ada makanan lain yang dijamin akan membuat lidah Anda tak hendak berhenti bergoyang. Cobalah mie ikan Toboali.

Mie ikan Bangka memang dikenal sebagai salah satu kuliner khas daerah ini. Mie ikan Bangka yang saat ini sedang populer adalah mie Koba. Padahal, ada mie ikan jenis lain yang tak kalah lezat dari mie Koba, yakni mie ikan Toboali. Sebagaimana namanya, mie ikan ini berasal dari Toboali di Bangka Selatan.

Orang-orang boleh berduyun-duyun membeli mie Koba yang memang lebih mudah ditemui di Pangkalpinang, ibukota Kepulauan Bangka Belitung, tanpa harus susah payah pergi ke Koba di Bangka Tengah. Saya juga salah seorang yang gemar makan mie ikan Bangka. Namun, tidak seperti orang kebanyakan, saya justru lebih menyukai cita rasa mie ikan Toboali.

Saat terakhir pulang ke Pulau Bangka beberapa waktu yang lalu, mie ikan Toboali memang hanya bisa ditemui di Toboali di Bangka Selatan. Belum ada penjual yang membuka cabang di Pangkalpinang. Meskipun demikian, warung-warung mie ikan ini selalu ramai diserbu warga. Padahal di Toboali, ada beberapa warung mie ikan, namun tetap saja semuanya sesak dengan warga yang ingin menikmati kuliner khas Pulau Bangka ini.

Ada beberapa perbedaan yang membuat saya lebih menyukai mie ikan Toboali dibandingkan mie ikan Koba, meskipun keduanya mie kuah ikan yang sama-sama berasal dari Pulau Bangka. Pertama, mie ikan Toboali rasanya tak semanis mie ikan Koba. Maklum, lidah saya kurang cocok dengan makanan manis.

Selanjutnya, tidak seperti mie ikan Koba, mie ikan Toboali disajikan dengan potongan daun bawang yang membuat rasa mie semakin lezat saja. Terakhir, dan ini istimewanya mie ikan Toboali, mie ikan ini bisa dinikmati dicampur dengan sate ikan khas daerah sini. Wah, bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya.

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur di bagian selatan Pulau Bangka, cobalah mie ikan Toboali. Setahu saya, ada dua warung mie ikan di Toboali, yakni tak jauh dari Pasar Toboali dan di Terminal Toboali.

Saran saya, bila ingin menikmati mie ikan yang kuahnya terbuat dari daging ikan segar ini, datanglah agak pagi. Siang sedikit, biasanya sate ikan sudah ludes. Padahal, itulah sensasi yang membedakan mie ikan Toboali dengan mie ikan lain di Pulau Bangka.

Sumber: detikTravel Community –  Darwance Law – d’Traveler

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML tags are not allowed.