Yuk Berwisata ke Lepar Pongok, Surganya Wisata Bahari dan Sejarah di Ujung Selatan Pulau Bangka

Yuk Berwisata ke Lepar Pongok, Surganya Wisata Bahari dan Sejarah di Ujung Selatan Pulau Bangka

Laporan Wartawan Bangka pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA– Wisata di daerah bagian selatan pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak kalah menarik dengan pulau-pulau dan tempat lain.Bahkan disebut-sebut potensi wisata bahari wilayah ini yaitu di kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepar Pongok bak Raja Ampatnya Sumatera.

Sejumlah pulau nan alami berair jernih lengkap dengan gugusan terumbu karang  dan ikan-ikan yang cantik di dua kecamatan kepulauan tersebut dijamin bakal menyihir siapapun yang berkunjung kesana. Sayang potensi wisata bahari itu hingga saat ini belum digarap serius.

Di kecamatan Lepar Pongok tepatnya di Pulau Lepar, selain memiliki pantai yang indah juga terdapat wisata sejarah berupa benteng bekas peninggalan Belanda. Bagi mereka yang senang menyelam dan memancing, tempat ini cocok karena sejak lama terkenal dengan hasil ikan yang melimpah.

Disini, pemancing pun tak perlu jauh-jauh berlayar ke tengah laut untuk memancing. Kecamatan Lepong memiliki empat desa, yaitu Penutu, Tanjung Labu, Tanjung Sangkar, Kumbung. Mata pencarian penduduknya mayoritas berkebun, nelayan, buruh, dan sebagainya.

Setiap desa di Lepong memiliki destinasi wisata masing-masing. Desa Penutuk misalnya terdapat benteng peninggalan penjajahan Belanda, ada meriam dan bekas kunci yang digunakan.

pantai-lampu_20160730_223350Destinasi wisata favorite warga dan menjadi tujuan wisatawan adalah pantai Lampu, selain itu ada Tanjungresam, dan Aekbaruk. Di Desa Tanjung Sangkar terdapat pantai Tiris. Selain itu ada pengolahan daging kepiting yang cukup terkenal. Sementara di Desa Kumbung merupakan tempat perayaan tradisi budaya.

Disini bisa ditemui komunitas suku asli Kepulauan Bangka Belitung yaitu Suku Laut atau akrab disebut dengan Suku Sekak. Dimana setiap tahun dilaksanakan upacara Muang Jong di Ujung gusung.

Cara Menuju Lepong

Meskipun terpisah dari Kabupaten Bangka Selatan, tapi akses untuk ke kecamatan Lepong cukup mudah. dermaga desa kumbung yaitu menggunakan speed dan motor laut. Biayanya pun cukup terjangkau, Rp 70 ribu untuk sekali carter menggunakan speed dan Rp 5 ribu perorang bagi pengguna motor laut.

Dari ibukota Kabupaten Bangka Selatan yaitu Kota Toboali, Kecamatan Lepong dapat ditempuh hanya sekitar satu jam perjalanan. Dari Toboali kita akan melalui akses jalan aspal yang mulus hingga sampai di pelabuhan Sadai dan selanjutnya hanya sekitar 15 menit sudah tiba di pelabuhan Penutuk Pulau Lepar.

Sesampai di Pelabuhan Lepong tepatnya di Desa Penutuk,wisatawan akan disambut dengan ramah oleh warga sekitar. Disana mereka akan menawarkan berbagai tranportasi yang akan digunakan.bukit-penyengat_20160730_223147

Ada sewa motor jika ingin menikmati setiap pelosok-pelosok Lepong.Selain itu terdapat carter mobil bagi yang hendak bersantai sambil menikmati rimbunnya hutan dan kebun lada warga di pinggir jalan.

Tidak perlu takut jika baru pertama kali ke Lepong dan tidak memiliki teman. Ada jasa sewa motor atau mobil beserta orang yang hendak mengantar ke tempat tujuan wisata.

Mereka akan mengantarkan wisatawan ke destinasi-destinasi yang sudah terkenal di tempat tersebut. Puas menikmati keindahan alam Kecamatan Lepong, anda bisa membeli beragam oleh-oleh hasil laut dan kerupuk ikan, cumi maupun kepiting yang dibuat penduduk.

Sayang sekali di Lepong belum terdapat penginapan dan tempat beristirahat. Selain itu belum tersedia rumah makan higienis.(*)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML tags are not allowed.