Roti Papan Suzana, enak di lidah

Roti Papan Suzana, enak di lidah

Roti papan adalah kue yang sudah dikenal oleh masyarakat umum di Kabupaten Bangka Selatan dan juga menjadi makanan khas dalam bentuk kue papan, yang bentuknya seperti papan atau persegi empat. Kemudian dikembangkan lagi inovasi dengan bentuk bulat dan berisi selai nenas. Dimana selai nenas dibuat dari nenas asli dari desa Bikang yang merupakan bagian desa di Kabupaten Bangka Selatan.

Usaha Pembuatan Roti Papan sudah dirintis mulai awal tahun 1998 hingga sekarang berkisar tujuh belas tahun, dimana produk makanan ini sudah ditekuni secara turun temurun. Usaha ini dilakukan oleh IKM Suzana sebagai pemilik sekaligus pengawas dari karyawan.

Pembuatan kue roti papan berasal dari kemauan yang kuat dalam mengeluti pembuatan kue roti papan dengan melihat dan belajar dari ibu kandung dari ibu Suzana yang dulunya juga membuat kue roti papan. Dengan pembelajaran tersebut dari orang tua sendiri, ibu Suzana meneruskan usaha dengan bekerja dengan anak sendiri dan menjual roti papan ke daerah Kecamatan Toboali dan Kecamatan Sadai.

Dalam selang beberapa bulan usaha pembuatan roti papan mulai kelihatan disukai oleh banyak orang selain makanan khas juga rasanya sudah enak di lidah. Melihat peluang ini IKM Suzana mulai membuat roti papan yang jumlah kapasitasnya semakin lama semakin meningkat per bulannya.

Promosi dan penjualan dari roti papan semakin meluas. Dulu roti papan ini hanya dijual daerah sekitar tempat usaha atau daerah Toboali yang sistem penjualan dititipkan ke toko-toko dan warung kelontong dengan isi 12 keping roti papan roti selai per bungkus dan isi 10 bungkus untuk toko besar.

Sekarang penjualannya sudah meluas ke desa-desa di Seluruh Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Bangka Selatan dengan menjual roti papan menggunakan kendaraan roda dua untuk yang sekitar Toboali dan kendaraan roda empat untuk di Desa-desa, di Koba dan di Pangakalpinang.

Roti papan Suzana tersedia dalam dua varian rasa, original dan isi selai nanas.

Harganya cukup murah, hanya Rp10.000,00 isi sebanyak 10 buah roti papan.

Sumber: IKM Bangka Selatan

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML tags are not allowed.