Ragam Karya Seni Mural Mempercantik Kota Toboali selama TCOF

Toboali – Seni Mural Dinding adalah seni menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu. Demikian pernyataan yang ditulis di wikipedia.

Sepanjang tembok jalan Merdeka belakang Kantor Pos Toboali terlihat tampak berbeda dengan gambar mural yang apik hasil karya Seniman Lokal.

Berdasarkan pantauan Tim Kominfo di lokasi, dengan tema mengangkat sejarah lokal yang telah ditentukan panitia penyelenggara, karya seni yang dibuat sejak tanggal 15-30 September 2016 ini menampilkan ragam pesan moral yang dikemas dalam gambar yang mengurai sejarah Toboali, seperti tampak pada salah satu gambar tokoh Ali yang akhirnya menjadi nama Kota Toboali ini.

“Karya ini dibuat untuk menyalurkan kreativitas seniman Basel, sekaligus sebagai mempercantik kota Toboali,” ujar Vincent Tattoo salah satu penggiat seni asal ampera.

Lebih lanjut ia mengatakan, ini sebagai media estafet menularkan semangat berkreasi bagi pemuda lain ke arah yang lebih positif dan masyarakat melek akan sejarah daerah sendiri.

“Menularkan pesan moral dibarengi wawasan sejarah melalui media ini serta diharapkan mampu meminimalisir aksi vandalisme yang selama ini justru membuat Kota Toboali tercinta kita ini terlihat kumuh, inilah salah satu momen baik mengubah ke arah yang positif,” imbuhnya. (*ero)

Penulis : Edo Lebiro
Fotografer : Edi Saputra
Editor : Edo Lebiro
Sumber : Dishubkominfo Basel

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML tags are not allowed.